Kitab Syuf`ah

[Syuf`ah]: Prioritas yang diberikan kepada sesama anggota kongsi untuk memebeli saham anggota lain dalam kongsi tersebut sebelum ditawarkan kepada orang lain di luar anggotanya.





BAB 1: MENAWARKAN SYUF'AH KEPADA SESAMA ANGGOTA



1052[Bukhari 2258] Diriwayatkan dari Abu Rafi ra, budak Nabi Saw yang telah dimerdekakan bahwa dia menemui Sa'd bin Abu Waqqash ra, kemudian dia berkata: "Belilah dua bilikku yang ada di rumahmu". Sa'd menjawab: "Demi Allah, saya tidak akan membeli lebih dari 4000 (dirham) secara angsuran". Kata Abu Rafi: "Saya sudah mendapat tawaran 500 dinar. Seandainya saya tidak pernah mendengar sabda Nabi Saw, "Tetangga lebih berhak karena dekatnya", tentu saya tidak akan menjualnya kepadamu dengan harga 4000 dirham dan saya akan memperoleh 500 dinar". Akhirnya Abu Rafi ra menjual dua biliknya kepada Sa'd bin Abu Waqqash.





BAB 2: TETANGGA MANA YANG TERDEKAT



1053[Bukhari 2259] Diriwayatkan dari Aisyah ra, dia berkata, saya bertanya: "Ya Rasulullah, saya memiliki dua tetangga, yang mana dari keduanya itu yang lebih berhak saya beri hadiah"? Rasulullah Saw menjawab: "Yang pintu rumahnya tereekat denganmu".