Kitab Permintaan Izin

BAB 1: KELOMPOK YANG LEBIH KECIL MENGUCAPKAN SALAM KEPADA KELOMPOK YANG LEBIH BESAR


2057[Bukhari 6231] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Orang yang lebih muda mengucapkan salam kepada yang lebih tua, orang yang lewat mengucapkan salam kepada orang yang duduk, dan kelompok yang lebih kecil mengucapkan salam kepada kelompok yang lebih besar".



BAB 2: ORANG YANG EBRJALAN MENGUCAPKAN SALAM KEPADA ORANG YANG DUDUK


2058[Bukhari 6233] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, melalui jalur lain, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Orang yang berkendaraan emngucapkan salam kepada pejalan kaki, dan orang yang berjalan kaki mengucapkan salam kepada orang yang duduk, dan kelompok yang lebih sedikit mengucapkan salam kepada kelompok yang lebih banyak".



BAB 3: MENGUCAPKAN SALAM KEPADA ORANG YANG DIKENAL MAUPUN TIDAK DIKENAL


2059[Bukhari 6236] Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr ra bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Saw: "Apa perbuatan yang lebih baik dalam Islam?" Nabi Saw bersabda: "Berikan makanan (terutama kepada orang yang membutuhkan), dan ucapkan salam kepada orang yang kau kenal dan orang yang tidak kau kenal".



BAB 4: MINTA IZIN SEBELUM MEMASUKI RUMAH ORANG LAIN DAN JANGAN MENGINTIP


2060[Bukhari 6241] Diriwayatkan dari Sahl bin Sa'd ra, dia berkata: Seorang laki-laki yang hendak bertamu mengintip rumah Nabi Saw melalui suatu celah dan ketika itu Nabi Saw sedang memegang sisir besi untuk menyisir rambutnya, kemudian beliau bersabda kepada orang itu, "Seandainya aku tahu bahwa kamu mengintip niscaya aku tusukkan sisir ini ke matamu. Sesungguhnya perintah minta izin sebelum memasuki rumah orang lain itu ditetapkan untuk menghindari mengintip".



BAB 5: ZINA ANGGOTA TUBUH SELAIN KEMALUAN


2061[Bukhari 6243] Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Sesungguhnya Allah telah menetapkan zina yang tidak mustahil dialami oleh manusia. Zina mata adalah melihat, zina lisan adalah berbicara, zina hati adalah berangan-angan dan berkeinginan, kemudian kemaluan yang akan membenarkannya atau menolaknya".



BAB 6: MENGUCAPKAN SALAM KEPADA ANAK-ANAK


2062[Bukhari 6247] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa pada suatu saat dia berpapasan dengan sejumlah anak laki-laki, kemudian dia mengucapkan salam kepada mereka, lalu dia mengatakan: "Nabi Saw berbuat seperti ini".



BAB 7: TUAN RUMAH BERTANYA: "SIAPA ITU?" PENGETUK PINTU MENJAWB: "SAYA"


2063[Bukhari 6250] Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra dia berkata: Saya menemui Nabi Saw untuk meminta saran perihal utang ayah saya. Saya mengetuk pintu, lalu Nabi Saw bertanya: "Siapa itu?" Saya menjawab: "Saya". Kemudian Nabi Saw menyanggah: "Saya-saya". Sepertinya Rasulullah Saw tidak menyukai jawaban tersebut.



BAB 8: BERGESER AGAR ORANG LAIN BISA DUDUK


2064[Bukhari 6270] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Seseorang tidak boleh menyuruh orang lain berdiri dari etmpat duduknya, kemudian dia duduk di tempat itu, tetapi bergeserlah untuk memberi ruang orang lain".



BAB 9: DUDUK DENGAN MELINGKARKAN TANGAN PADA KAKI


2065[Bukhari 6272] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra dia berkata: Saya pernah melihat Rasulullah Saw duduk di halaman Ka'bah dengan melingkarkan tangannya pada kakinya seperti ini (Abdullah bin Umar memperagakannya).



BAB 10: APABILA ADA ORANG LEBIH DARI TIGA BERKUMPUL, MAKA TIDAK APA-APA JIKA DUA ORANG DARI MEREKA BERBICARA KHUSUS DENGAN BERBISIK-BISIK


2066[Bukhari ] Diriwayatkan dari Abdullah ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Apabila kalian berkumpul bertiga, maka janganlah dua orang dari kalian berbicara khusus dengan berbisik-bisik tanpa melibatkan orang yang ketiga, kecuali jika kalian bersama orang banyak. Demikian itu agar orang yang ketiga tersebut tidak tersinggung perasaannya".



BAB 11: JANGAN MEMBIARKAN API MENYALA DI RUMAH KETIKA KAMU TIDUR


2067[Bukhari 6294] Diriwayatkan dari Abu Musa ra, dia berkata: Pada suatu malam, sebuah rumah di Madinah terbakar dengan penghuninya, kemudian asal usul peristiwa itu diberitahukan kepada Nabi Saw, lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya api itu musuh kalian. Karena itu, apabila kalian akan tidur padamkanlah api demi keselamatan kalian".



BAB 12: BANGUNAN


2068[Bukhari 6302] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Ketika Nabi Saw masih hidup, saya membangun rumah dengan saya kerjakan sendiri, yang melindungi saya dari hujan dan sengatan terik matahari, tanpa satupun makhluk Allah yang membantu saya.