Kitab Luqathah


BAB 1: APABILA PEMILIK LUQATHAH MENYEBUTKAN CIRI-CIRI BARANG YANG DITEMUKAN TERSEBUT DENGAN BENAR, MAKA PENEMU HARUS MENYERAHKANNYA



1111[Bukhari ] Diriwayatkan dari Ubaiy bin Ka'b ra dia berkata: Saya pernah menemukan sebuah kantong/ dompet berisi uang 100 dinar, kemudian saya menemui Nabi Saw. Beliau bersabda, "Umumkan selama satu tahun". Kata Ubaiy: Saya pun mengumumkannya selama satu tahun, namun belum juga saya temukan orang yang mengakuinya. Saya menemui Nabi Saw lagi, kemudian beliau bersabda, "Umumkan selama satu tahun lagi". Setelah saya mengumumkannya selama satu tahun lagi masih juga belum saya temukan orang yang mengenalinya, lalu pada tahun ketiga saya menemui Nabi Saw, kemudian beliau bersabda, "Simpan uang itu, hitung jumlahnya, dan perhatikan ciri-ciri kantong/ dompet tersebut. Jika pemiliknya datang, berikanlah, jika tidak maka gunakanlah".





BAB 2: MENEMUKAN SEBUTIR KURMA DI JALAN



1112[Bukhari ] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Ketika aku pulang ke rumah, aku menemukan sebutir kurma di atas tempat tidurku, kemudian aku mengambilnya dan hendak memakannya, tetapi kemudian aku khawatir kurma tersebut dari zakat, maka aku meletakkannya lagi".