Kitab Hukum

BAB 1: MENDENGAR DAN MEMATUHI IMAM (PEMIMPIN KAUM MUSLIMIN) SELAMA IA TIDAK MENYURUH BERBUAT MAKSIAT


2199[Bukhari 7142] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, dia berkata, "Rasulullah Saw pernah bersabda, "Dengarkan dan patuhi pemimpin kalian, meskipun kalian dipimpin oleh seorang budak dari Habasyah/ Ethiopia yang rambutnya seperti kismis".



BAB 2: LARANGAN MENDAMBAKAN KEKUASAAN/ JABATAN


2200[Bukhari 7148] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Kalian akan mendambakan kekuasaan dan kekuasaan tersebut akan menjadi penyesalan pada hari kiamat. Betapa baik perempua yang menyusui anaknya dan betapa jelek perempuan yang menyapih anaknya".



BAB 3: DIBERI JABATAN/ KEKUASAAN UNTUK MEMIMPIN TETAPI TIDAK MENEGAKKAN KEBENARAN DAN TIDAK MENCEGAH KEMUNGKARAN


2201[Bukhari 7150] Diriwayatkan dari Ma'qil bin Yasar ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda, "Seseorang yang diberi kekuasaan (jabatan) oleh Allah kemudian dia tidak menegakkan kebenaran dan tidak mencegah kemungkaran, maka dia tidak akan mendapat bau harum surga".[footnote 1]

[footnote 1]: Keterangan: Mencium bau harumnya dari jauh saja tidak bisa, apalagi memasukinya.

2202[Bukhari 7151] Diriwayatkan dari Ma'qil bin Yasar ra Nabi Saw pernah bersabda: "Tidak ada seorang penguasa yang memimpin kaum muslimin kemudian dia mati ketika memimpin dengan tidak adil, melainkan Allah mengharamkan surga untuknya".



BAB 4: SIAPA YANG MENYUSAHKAN ORANG LAIN, ALLAH AKAN MENYUSAHKANNYA


2203[Bukhari 7152] Diriwayatkan dari Jundub ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang berbuat baik untuk sum'ah[footnote 1], Allah akan berbuat sum'ah (menelantarkan dan menghinakannya) pada hari kiamat. Siapa yang menyusahkan/ menyulitkan orang lain, Allah akan menyusahkan/ menyulitkannya pada hari kiamat". Para sahabat berkata kepada Rasulullah Saw, "Berilah kami wasiat". Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya bagian tubuh manusia yang pertama kali membusuk adalah perutnya. Karena itu, siapa yang bisa tidak makan kecuali makanan yang halal, maka lakukanlah, dan siapa yang mampu menghindarkan tangannya dari penumpahan darah sehingga dia terhalang dengan surga, maka lakukanlah".

[footnote 1]: Sum'ah adalah berbuat kebaikan untuk mencari popularitas (bukan mencari ridha Allah)



BAB 5: BOLEHKAH SEORANG HAKIM MEMUTUSKAN PERKARA KETIKA DIA SEDANG MARAH?


2204[Bukhari 7158] Diriwayatkan dari Abu Bakrah ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, "Tidak boleh memutuskan perkara antara dua pihak yang berselisih ketika dia sedang marah".



BAB 6: MENGAMBIL KEPUTUSAN DENGAN BAIK


2205[Bukhari 7162] Hadis yang diriwayatkan dari Huwayyishah dan Muhayyishah sudah disebutkan di muka pada Kitab tentang Jihad (nomor hadis 1343), namun pada jalur periwayatan di sini terdapat tambahan sabda Rasulullah Saw sebagai berikut: "Orang-orang Yahudi (yang membunuh saudaramu) harus membayar uang darah atau mengumumkan peperangan".



BAB 7: BAGAIMANA SEORANG IMAM MEMINTA BAIAT DARI RAKYATNYA


2206[Bukhari 7200] Diriwayatkan dari Ubadah bin Ash-Shamit dia berkata: Rasulullah Saw meminta kami menyatakan baiat untuk mematuhi beliau (dan para pemimpin kaum muslimin sepeninggal beliau). Lanjutan hadis ini seperti di muka pada nomor hadis 2188. Pada riwayat ini ada tambahan sebagai berikut: Rasulullah Saw juga meminta kami menyatakan baiat untuk berbuat atau berkata benar di manapun kami berada tanpa rasa takut terhadap cacian dan hinaan dalam melaksanakan ajaran Allah.

2207[Bukhari 7202] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Ketika kami menyatakan baiat kepada Rasulullah Saw untuk patuh dan taat, beliau selalu bersabda, "Menurut kemampuanmu".



BAB 8: MENUNJUK SESEORANG SEBAGAI KHALIFAH PENGGANTI


2208[Bukhari 7218] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Seseorang bertanya kepada Umar, "Mengapa anda tidak menunjuk seorang khalifah yang nanti akan menggantikan anda?" Umar menjawab, "Jika saya menunjuk pengganti saya, maka orang yang lebih baik daripada saya (Abu Bakr) telah berbuat begitu, dan jika saya tidak menunjuk pengganti saya, maka orang yang lebih baik daripada saya (Rasulullah Saw) tidak menunjuk pengganti".[footnote 1]

[footnote 1]: Keterangan: Pilihan pertama sesuai dengan Abu Bakr, sedangkan pilihan kedua sesuai dengan Rasulullah Saw.



BAB 9: PEMIMPIN DARI SUKU QURAISY


2209[Bukhari 7222,7223] Diriwayatkan dari Jabir bin Samurah ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda, "Akan muncul dua belas pemimpin/ penguasa". Kata Jabir: Ada satu kalimat dari Nabi Saw yang tidak saya dengar, kemudian ayah saya mengatakan bahwa kalimat tersebut adalah, "Semuanya dari suku Quraisy".