Kitab Perselisihan




BAB 1: HAK SETIAP ORANG DAN PERSELISIHAN ANTARA SEORANG MUSLIM DENGAN SEORANG YAHUDI



1107[Bukhari 2410] Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra, dia berkata: Saya pernah mendengar seseorang membaca ayat Al-Quran dengan bacaan yang berbeda dengan apa yang saya dengar dari Nabi Saw, kemudian saya memegang tangan orang itu lalu saya membawanya untuk menemui Rasulullah Saw, kemudian Rasulullah Saw bersabda, "Kalian berdua sama-sama benar, jangan berselisih, karena orang-orang sebelum kalian dulu berselisih sehingga mereka celaka".



1108[Bukhari 2411] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Dua orang laki-laki, yang satu seorang muslim dan yang lain seorang Yahudi, bertengkar mulut. Kata seorang muslim, "Demi Tuhan yang memilih Muhammad di atas semua makhluk". Kata seorang Yahudi, "Demi Tuhan yang memilih Musa di atas semua makhluk". Seorang muslim tersebut kemudian mengangkat tangannya dan menampar wajah seorang Yahudi itu, kemudian ia pergi menemui Rasulullah Saw untuk melaporkan pertengkarannya dengan seorang muslim tersebut, lalu Nabi Saw memanggil orang muslim itu untuk ditanya mengenai persoalan tadi, kemudian orang muslim itu menceritakannya. Rasulullah Saw bersabda, "Janganlah kalian melebihkan kebaikanku di atas Musa, karena kelak pada hari kiamat semua orang akan pingsan, termasuk aku juga, kemudian aku orang pertama kali sadar, tiba-tiba aku melihat Musa sudah berdiri dengan berpegang pada bagian samping Arasy (Singgasana Allah). Aku tidak tahu apakah Musa juga turut pingsan bersama semua orang lalu dia sadar sebelum aku, ataukah Allah mengecualikannya".



1109[Bukhari 2413] Diriwayatkan dari Anas ra bahwa seorang Yahudi membenturkan kepala seorang budak perempuan di antara dua batu. Ditanyakan kepadanya: "Siapa yang membenturkanmu? Apakah si fulan ataukah si fulan?" Sehingga disebutkanlah oleh penanya nama seorang Yahudi, lalu budak tersebut mengiyakannya dengan isyarat kepala (karena budak tersebut sudah tidak bisa berbicara akibat sakitnya). Orang Yahudi tersebut ditangkap dan mengakui perbuatannya. Maka Nabi Saw memerintahkan agar kepala orang Yahudi itu dibenturkan di antara dua batu.





BAB 2: DUA PIHAK YANG BERSELISIH DENGAN KETERANGAN MASING-MASING YANG BERBEDA



1110[Bukhari 2416,2417] Hadis ini sama dengan hadis Al Asy-ats di muka (nomor: 1092) bahwa ia berselisih dengan seorang laki-laki dari Hadhramaut, namun dalam riwayat ini ia mengatakan bahwa laki-laki tersebut adalah seorang Yahudi.