BAB 1: SABDA NABI SAW: "SEPENINGGALKU KALIAN AKAN MELIHAT HAL-HAL YANG TIDAK KALIAN SEPAKATI"


2187[Bukhari 7035] Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra bahaw Nabi Saw pernah bersabda: "Siapa yang tidak suka dengan sebagian dari langkah pemimpinnya hendaklah ia bersabar, karena orang yang memisahkan diri dengan pemimpinnya meskipun sejengkal, maka dia akan mati dengan mati jahiliyah".
Riwayat lain yang juga dari Abdullah bin Abba ra berbunyi sebagai berikut: "Siapa yang meilha sebagian dari langkah pemimpinnya yang tidak ia sukai hendaklah ia bersabar, karena orang yang memisahkan diri dari kelompok kaum muslimin meskipun sejengkal ia akan mati dengan mati jahiliyah".

2188[Bukhari 7056] Diriwayatkn dari Ubadah bin Ash-Shamit ra, dia berkata: Pada suatu saat Nabi Saw menyeru kami kemudian kami menyatakan baiat (janji setia) kepada beliau. Rasulullah Saw meminta kami menyatakan baiat untuk mendengar dan mematuhi (pemimpin kaum muslimin) ketika kami dalam keadaan kuat mupun lemah, sulit maupun mudah, dan tetap memberikan hak kepada pemimpin kaum muslimin dan tidak memeranginya kecuali jika dia jelas mengingkari ajaran Allah yang telah diberikan kepada kaum muslimin".



BAB 2: MUNCULNYA BERBAGAI FITNAH


2189[Bukhari 7076] Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda, "Kelompok orang yang paling jelek adalah mereka yang hidup ketika kiamat terjadi".



BAB 3: MASA YANG AKAN DATANG LEBIH JELEK DARIPADA SEKARANG


2190[Bukhari 7068] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra bahwa Az-Zubair bin 'Audi mengadu kepadanya mengenai perlakuan Al-Hajjaj yang kejam terhadap kaum muslimin. Anas mengatakan, "Bersabarlah hingga kamu menemui Tuhanmu, karena suatu masa tidaklah tiba melainkan masa sesudahnya akan lebih jelek lagi. Demikian itu pernah saya dengar dari Nabi Saw".



BAB 4: SABDA NABI SAW: "SIAPA YANG MENGANGKAT SENJATA/ MEMERANGI KAMI, BUKANLAH KELOMPOK KAMI"


2191[Bukhari 7072] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Janganlah seseorang mengarahkan senjatanya kepada saudaranya sesama muslim, karena ia tidak tahu jangan-jangan setan mempengaruhinya sehingga ia akan membunuh saudaranya itu, lalu ia akan masuk neraka".



BAB 5: BERBAGAI FITNAH AKAN MUNCUL SEHINGGA PADA MASA ITU ORANG YANG DUDUK LEBIH BAIK DARIPADA ORANG YANG BERDIRI


2192[Bukhari 7082] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda: "Berbagai fitnah akan muncul. Pada masa itu orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada orang yang berjalan dan orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari. Siapa yang melibatkan diri dalam fitnah itu, maka fitnah akan membuatnya celaka. Siapa yang bisa berlindung dari fitnah tersebut, maka berlindunglah".



BAB 6: MENYINGKIR KE PEDALAMAN KETIKA TERJADI FITNAH


2193[Bukhari 7087] Diriwayatkan dari Salamah bin Al-Akwa ra bahwa ia menjamu Al-Hajjaj, kemudian Al-Hajjaj berkata kepadanya: "Wahai putra Al-Akwa, kamu telah menghindar dengan memilih hidup di pedalaman?" Salamah bin Al-Akwa menjawab: "Tidak, Rasulullah Saw telah mengizinkan saya tinggal di pedalaman di tengah orang Baduwi".



BAB 7: APABILA ALLAH MENGAZAB SUATU BANGSA


2194[Bukhari 7108] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Apabila Allah menurunkan azab kepada suatu bangsa, azab akan menimpa mereka semua, kemudian mereka akan dibangkitkan untuk diadili amal perbuatan mereka".



BAB 8: APABILA SESEORANG MENGATAKAN SESUATU KEMUDIAN DI TEMPAT LAIN MENGATAKAN SEBALIKNYA


2195[Bukhari 7114] Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Al-Yaman ra, dia berkata: Kemunafikan hanya ada pada masa Nabi Saw, sedangkan sekarang adalah kafir sesudah iman.



BAB 9: KELUARNYA API


2196[Bukhari 7118] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum api muncul dari tanah Hijaz yang menerangi leher-leher onta di Bushra".

2197[Bukhari 7119] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Nabi Saw pernah bersabda, "Emas akan melimpah ruah di sungai Furat/Eufrat. Siapa yang datang ke sana janganlah mengambilnya sedikitpun".



BAB 10: TANDA-TANDA KIAMAT


2198[Bukhari 7121] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah: 1) Dua kelompok besar saling membunuh sehingga menimbulkan korban besar. Kedua pihak menyerukan hal yang sama. 2) Munculnya Dajjal, pembohong besar yang hampir mencapai tiga puluh jumlahnya dan semuanya mengaku sebagai utusan Allah. 3) Lenyapnya ilmu pengetahuan (dengan wafatnya ulama). 4) Banyak terjadi gempa. 5) Waktu berlalu sangat cepat. 6) Munculnya berbagai fitnah. 7) Banyak pembunuhan. 8) Harta melimpah ruah sehingga pemilik harta sulit menemukan orang yang sudi menerima sedekah. Jika ia menemukan orang yang akan diberi sedekah, orang tersebut akan berkata, "Saya tidak membutuhkan sedekah". 9) Manusia berlomba-lomba membangun gedung tinggi. 10) Ketika seseorang melewati kuburan orang lain, ia akan berkata, "Sungguh senang jika saya berada di tempatnya". 11) Matahari muncul dari barat. Ketika manusia melihat matahari terbit dari barat, mereka semua beriman, tetapi pada saat itu Allah akan berfirman, "Tidaklah berguna iman seseorang jika sebelumnya tidak berian atau berusaha berbuat baik dengan imannya" (Al-Quran, surah Al-An'am:158). Ketika dua orang membentangkan kain di hadapan mereka, kiamat akan terjadi sebelum keduanya sempat bertransaksi dan melipat kain itu. Ketika seseorang membawa air susu ontanya, kiamat akan terjadi sebelum dia sempat meminum air susu tersebut. Ketika seseorang menghimpun air kolam, kiamat akan terjadi sebelum dia sempat memberi minum hewan ternaknya. Ketika seseorang menyuapkan makanan ke mulutnya, kiamat akan terjadi sebelum dia sempat memakan makanan itu".