Kitab Berpegang Teguh Pada Al-quran & Hadits

BAB 1: MENGIKUTI AJARAN RASULULLAH SAW


2212[Bukhari ] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw pernah bersabda: "Semua umatku akan masuk surga kecuali orang yang membangkang". Para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah, siapa orang yang membangkang?" Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang mematuhiku akan masuk surga, dan siapa yang tidak mematuhiku dialah orang yang membangkang".

2213[Bukhari 7281] Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra, dia berkata: Beberapa malaikat mendatangi Nabi Saw ketika beliau sedang tidur. Salah satu malaikat berkata, "Dia sedang tidur". Malaikat yang lain mengatakan, "Matanya tidur tetapi hatinya terjaga (tidak tidur)". Mereka berkata, "Ada perumpamaan untuk teman kalian ini (yakni Nabi Saw), buatlah perumpamaannya". Salah satu malaikat berkata, "Dia sedang tidur". Malaikat yang lain berkata, "Matanya tidur tetapi hatinya tidak tidur". Mereka berkata, "Perumpamaannya adalah seperti orang yang membangun rumah, kemudian dia menyiapkan hidangan makanan, lalu dia mengutus penyeru. Orang yang mematuhi penyeru itu akan masuk ke rumah tersebut dan memakan hidangan itu, sedangkan orang yang tidak mematuhi penyeru itu tidak mau memasuki rumah tersebut dan tidak memakan hidangan itu". Mereka berkata kepada sesama mereka, "Tafsirkan perumpamaan itu agar dia memahaminya". Salah satu malaikat berkata, "Dia tidur". Malaikat yang lain berkata, "Matanya tidur, tetapi hatinya tidak tidur". Mereka berkata, "Rumah tersebut adalah surga, penyeru itu adalah Muhammad Saw. Siapa yang mematuhi Muhammad Saw, dia benar-benar mematuhi Allah dan siapa yang mendurhakai Muhammad Saw, dia benar-benar mendurhakai Allah. (KeRasulan) Muhammad Saw membedakan antara orang-orang yang beriman dan orang-orang yang kafir".



BAB 2: LARANGAN BANYAK BERTANYA DAN MEMBEBANI DIRI (MENYIBUKKAN DIRI) DENGAN HAL-HAL YANG TIDAK BERGUNA


2214[Bukhari 7296] Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, "Manusia cenderung selalu bertanya sampai mereka menanyakan, "Jika Allah telah menciptakan semua makhluk, lalu siapa yang menciptakan Allah?"



BAB 3: FATWA YANG HANYA BERDASAR RASIO DAN ANALOGI


2215[Bukhari 7307] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Nabi Saw bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu yang telah diberikanNya kepada kalian dengan seketika, tetapi Allah mencabut ilmu (agama) dengan mewafatkan ulama, maka ilmunya juga turut hilang, sehingga hanya tinggal orang-orang bodoh yang ketika dimintai fatwa mereka akan memberkan fatwa berdasar rasio mereka, maka mereka akan menyesatkan orang lain dan mereka sendiri juga sesat".



BAB 4: SABDA NABI SAW: "KALIAN AKAN MENGIKUTI AJARAN ORANG-ORANG SEBELUM KALIAN"


2216[Bukhari 7319] Diriwayatkan dari Abu Huirairah ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Kiamat tidak akan terjadi sebelum umatku mengikuti ajaran orang-orang yang sesat sebelum mereka sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta". Seseorang bertanya, "Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud itu orang-orang Persi dan Romawi (sebelum Islam)?" Rasulullah Saw bersabda, "Siapa lagi kalau bukan mereka?



BAB 5: HUKUM RAJAM BAGI PEZINA YANG SUDAH MENIKAH


2217[Bukhari 7323] Diriwayatkan dari Umar ra, dia berkata: Sesungguhnya Allah telah mengutus Muhammad Saw dengan kebenaran dan menurunkan Al-Quran kepadanya, yang antara lain berisi ayat rajam.



BAB 6: PAHALA BAGI HAKIM YANG MENGAMBIL KEPUTUSAN DENGAN BERIJTIHAD, BAIK BENAR ATAUPUN KELIRU


2218[Bukhari 7352] Diriwayatkan dari Amr bin Al-Ash ra bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: "Apabila hakim memutuskan perkara dengan berijtihad, maka dia akan mendapat dua pahala apabila ijtihadnya benar. Jika ijtihadnya salah, maka dia akan memperoleh satu pahala".



BAB 7: DIAMNYA NABI SAW KETIKA MENYAKSIKAN PERBUATAN SESEORANG BISA MENJADI HUJJAH BAGI ORANG TERTENTU, NAMUN BAGI ORANG LAIN TIDAK BISA


2219[Bukhari 7355] Diriwayatkan dari Muhammad bin Al-Munkadir bahwa Jabir bin Abdullah ra bersumpah dengan nama Allah bahwa Ibnu Ash-Shayyad adalah Dajjal. Muhammad bin Al-Munkadir bertanya: "Kau bersumpah dengan nama Allah?" Jabir bin Abdullah menjawab: "Saya mendengar Umar ra bersumpah dengan nama Allah di sisi Nabi Saw kemudian beliau tidak menegurnya".