Kitab Doa & Zikir

BAB 1: SETIAP NABI MEMPUNYAI SATU DOA KHUSUS YANG PASTI DIKABULKAN


2069[Bukhari 6304] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Setiap Nabi mempunyai satu doa khusus yang pasti dikabulkan oleh Allah. Aku ingin menyimpan doaku yang khusus tersebut, karena baru akan aku pergunakan untuk memohonkan syafaat bagi umatku kelak di akhirat".[footnote 1]

[footnote 1]: Keterangan: Nabi-Nabi yang lain sudah mempergunakan doa khusus tersebut ketika di dunia.



BAB 2: ISTIGHFAR YANG PALING UTAMA


2070[Bukhari 6306] Diriwayatkan dari Syaddad bin Aus ra bahwa Nabi Saw pernah bersabda: "Bacaan istighfar yang paling utama adalah: "Allaahumma anta rabbii ....illaa anta" (Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan menepati janjiku kepadaMu dengan segala kemampuanku. Aku berlindung kepadaMu dari segala kejelekan yang telah aku perbuat. Di hadapanMu aku mengakui nikmat yagn telah Engkau anugerahkan kepadaku dan aku mengakui pula dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosaku selain Engkau)". Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang beristighfar seperti itu pada siang hari dengan penuh keimanan kemudian dia mati sebelum malam tiba, maka dia akan masuk surga, dan siapa yang beristighfar seperti itu pada malam hari dengan penuh keimanan kemudian dia mati sebelum pagi tiba, maka dia akan masuk surga".



BAB 3: ISTIGHFAR NABI SAW DALAM SEHARI SEMALAM


2071[Bukhari 6307] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, "Demi Allah, saya memohon ampun dan bertaubat kepada Allah dalam sehari semalam lebih dari 70 kali".



BAB 4: TAUBAT


2072[Bukhari 6308] Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra bahwa dia menyampaikan dua hal, yang satu berasal dari Nabi Saw dan yang satunya lagi dari dirinya sendiri: Seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan dia duduk di bawah gunung yang dia khawatirkan akan menimpanya, sedangkan seorang fajir (orang yang jahat) melihat dosanya bagaikan melihat lalat yang hinggap di atas hidungnya yang cukup ditepisnya seperti ini (perawi memperagakan penepisan tersebut). Selanjutnya Abdullah bin Mas'ud mengatakan: Sungguh kegembiraan Allah terhadap taubat hambaNya melebihi kegembiraan orang yang singgah di suatu tempat berbahaya dengan membawa hewan tunggangan beserta perbekalan makanan dan minuman, kemudian dia berbaring dan tidur di situ. Ketika ia bangun, hewan tunggangannya kabur, lalu dia mencarinya ke sana kemari dengan susah payah dengan rasa lapar dan dahaga di bawah terik matahari, namun dia tidak berhasil menemukannya, kemudian dia berkata, "Saya akan kembali ke tempat persinggahan saya tadi". Maka dia pun kembali ke tempat persinggahannya dan tidur lagi. Ketika bangun tiba-tiba dia menemukan hewan tunggangannya (yang mengangkut perbekalan makanan dan minuman) sudah berada di sampingnya lagi.



BAB 5: DOA KETIKA AKAN DAN SETELAH TIDUR


2073[Bukhari 6312] Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Al-Yaman ra, dia berkata: Ketika akan tidur pada malam hari, Nabi Saw meletakkan tangannya di bawah pipinya dengan berbaring, kemudian membaca doa, "Bismika Allaahumma amuutu wa ahyaa (Dengan namaMu ya Allah, aku mati dan aku hidup)". Ketika bangun tidur, Rasulullah Saw membaca doa, "Alhamdu lillaahilladzii ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihinnusyuur (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah mematikan kami, dan kepadaNya tempat kembali)".



BAB 6: TIDUR MIRING KE KANAN


2074[Bukhari 6315] Diriwayatkan dari Al Barra bin Azib ra, dia berkata: Ketika hendak tidur, Rasulullah Saw senantiasa berbaring dengan miring ke kanan, kemudian membaca doa, "Allaahumma aslamtu ....arsalta (Ya Allah, aku berserah diri kepadaMu, aku hadapkan wajahku kepadaMu, aku serahkan segala urusanku kepadaMu, aku berlindung kepadaMu dengan penuh harap dan rasa takut. Tidak ada tempat berlindung dan tempat menyelamatkan diri kecuali kepadaMu. Aku beriman kepada NabiMu yang telah Engkau turunkan dan aku beriman kepada NabiMu yang telah Engkau utus)".



BAB 7: DOA KETIKA BANGUN PADA MALAM HARI


2075[Bukhari 6316] Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, dia berkata: Pada suatu malam aku tidur di rumah Maimunah (bibiku). Lanjutan hadis ini seperti yang telah disebutkan terdahulu, dengan tambahan sebagai berikut: Di antara doa yang biasa diucapkan oleh Nabi Saw adalah, "Allaahummaj'al ....nuuraa (Ya Allah, jadikan cahaya di hatiku, di penglihatanku, di pendengaranku, di bawahku, di depanku, di belakangku, dan jadikanlah cahaya untukku)".



BAB 8: MEMBERSIHKAN TEMPAT TIDUR SEBELUM TIDUR


2076[Bukhari 6320] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Apabila kamu akan tidur bersihkan dulu tempat tidurmu, karena kamu tidak tahu apa yang datang ke tempat tidurmu setelah kamu tinggalkan sebelumnya, kemudian ucapkanlah menjelang tidurmu, "Bismika rabbii ....'ibaadakashshaalihiin (dengan namaMu ya Tuhanku, aku rebahkan diriku/ tidur, dan dengan namaMu aku akan bangun. Jika Engkau wafatkan aku, berilah aku rahmat, dan jika Engkau biarkan aku hidup, peliharalah diriku sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang saleh)".



BAB 9: BERSERAH DIRI KEPADA ALLAH 100% KARENA TIDAK ADA SIAPAPUN YANG MAMPU MEMAKSA-NYA


2077[Bukhari 6338] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Janganlah kamu ucapkan, "Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah berilah aku rahmat jika Engkau mau". Akan tetapi berserah dirilah kepada Allah sepenuh hati (dalam berdoa dan lain-lain), karena tidak ada siapapun yang mampu memaksa/menentang-Nya".



BAB 10: DOA SESEORANG AKAN DIKABULKAN JIKA DIA TIDAK TERBURU-BURU


2078[Bukhari 6340] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Doa seseorang akan dikabulkan oleh Allah selama dia tidak terburu-buru, sehingga dia mengatakan, "Saya sudah berdoa tetapi belum juga dikabulkan"".



BAB 11: DOA KETIKA MENGALAMI KESULITAN/ KESEDIHAN


2079[Bukhari 6346] Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra bahwa ketika mendapat kesulitan, Rasulullah Saw biasanya membaca: "Laa ilaaha illallaahul azhiimulhalim ...warabbul arsyilkariim (Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung, Yang Maha Sabar. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan Arasy yang agung. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan langit dan bumi dan Tuhan Arasy yang mulia)".



BAB 12: BERLINDUNG KEPADA ALLAH DARI UJIAN HIDUP YANG AMAT BERAT


2080[Bukhari 6347] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Saw senantiasa berlindung kepada Allah dari penderitaan akibat ujian hidup yang amat berat, dari kesengsaraan yang terus menerus, dari takdir yang buruk dan dari kesengsaraan yang emmbuat musuh merasa senang. Sufyan (perawi) mengatakan: Hadis ini sebenarnya berisi tiga hal, lalu saya menambahkan satu hal lagi, namun saya lupa mana satu hal yang berasal dari tambahan saya.



BAB 13: SABDA NABI SAW: "YA ALLAH, JIKA SAYA PERNAH MENYAKITI SESEORANG, JADIKANLAH HAL TERSEBUT SEBAGAI PENYEBAB KESUCIAN DIRINYA DAN TURUNNYA RAHMAT-MU KEPADANYA".


2081[Bukhari 6361] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda: "Ya Allah, jika ada seorang mukmin pernah saya caci, maka jadikanlah hal tersebut sebagai penyebab kedekatannay denagn-Mu pada hari kiamat".



BAB 14: BERLINDUNG KEPADA ALLAH DARI KEKIKIRAN


2082[Bukhari 6365] Diriwayatkan dari Sa'd bin Abi Waqqash ra bahwa Rasulullah Saw menyuruh pembacaan doa berikut: Allaahumma ....min adzaabilqabri (Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kekikiran, aku berlindung kepadaMu dari sifat pengecut, aku berlindung kepadaMu dari kepikunan dalam usia lanjut, aku berlindung kepadaMu dari fitnah dunia ---yakni fitnah Dajjal--- dan aku ebrlindung kepadaMu dari azab kubur).



BAB15: BERLINDUNG KEPADA ALLAH DARI DOSA DAN UTANG


2083[Bukhari 6368] Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwa Nabi Saw seringkali mengucapkan doa: Allaahumma ....walmaghrib (Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kepikunan dalam usia lanjut, dari dosa dan utang, dari fitnah kubur, dari azab kubur, dari fitnah neraka, dari azab neraka dan dari kejelekan fitnah kekayaan. Aku berlindung kepadaMu dari fitnah kemiskinan, aku berlindung kepadaMu dari fitnah Al-Masih Al-Dajjal. Ya Allah, bersihkan dosa-dosaku dengan air salju dan es, sucika hatiku dari segala dosa sebagaimana Engkau bersihkan kain putih dari noda, dan jauhka antara aku dengan dosa sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dengan barat).



BAB 16: DOA NABI SAW: ROBBANAA AATIAA FIDDUNYAA HASANAH


2084[Bukhari 6389] Diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata: Doa yang paling sering diucapkan oleh Nabi Saw adalah: Allaahumma aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa adzaabannaar (Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari azab neraka).



BAB 17: DOA NABI SAW: ALLAAHUMMAGHFIR LIIMAA QADDAMTA WAMAA AKHKHARTU (YA ALLAH, AMPUNILAH DOSA-DOSAKU YANG LALU DAN YANG AKAN DATANG)


2085[Bukhari 6399] Diriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy'ari ra bahwa Nabi Saw sering kali berdoa sebagai berikut: Allaahummaghfirlii ....indii (Ya Allah, ampunilah kesalahanku, perbuatanku yang melampaui batas, dan dosa-dosaku yang Engkau lebih tahu daripada aku sendiri. Ya Allah, ampunilah dosaku yang aku perbuat dalam senda gurau, dalam kesungguhan, dengan tidak sengaja dan dengan sengaja, karena semua itu ada pada diriku).



BAB 18: KEUTAMAAN TAHLIL (LAA ILAAHA ILLALLAAH)


2086[Bukhari 6403] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Siapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallaahu wahdahuu ....qadiir (Tiada tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tanpa sekutu bagiNya, Pemilik kerajaan jagat raya dan segala puji hanya bagiNya. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) 100 kali dalam sehari, maka dia mendapat pahala sama dengan memerdekakan 10 orang budak, 100 kebaikan dicatat untuknya, 100 kejelekannya dihapus, dan pada hari itu dia terlindungi dari setan, serta tidak ada orang lain yang mengungguli kebaikannya kecuali orang yang mengamalkannya lebih dari dia".

2087[Bukhari 6404] Diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari dan Abdullah bin Mas'ud ra, mengenai bacaan di muka (pada hadis nomor: 2086) bahwa Nabi Saw bersabda: "Siapa yang membacanya 10 kali, maka pahalanya seperti memerdekakan seorang budak keturunan Nabi Ismail".



BAB 19: KEUTAMAAN TASBIH (SUBHAANALLAAH)


2088[Bukhari 6405] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Siapa yang membaca Subhaanallaah wabilhamdih (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) 100 kali sehari, maka dosa-dosanya akan dihapus meskipun sebanyak buih lautan".



BAB 20: KEUTAMAAN ZIKIR KEPADA ALLAH


2089[Bukhari 6407] Diriwayatkan dari Abu Musa ra, dia berkata: Nabi Saw pernah bersabda, "Perumpamaan orang yang berzikir/ mengingat Allah dan orang yang tidak mengingat Allah adalah seperti orang hidup dan orang mati".

2090[Bukhari 6408] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: Rasulullah Saw pernah bersabda, Sesungguhnya Allah memiliki sejumlah malaikat yang terus berkeliling untuk mencari orang-orang yang berzikir kepada Allah. Apabila mereka telah menemukan orang-orang yang berzikir kepada Allah, meerka berkata kepada sesama mereka, "Laksanakanlah keperluan kalian". Maka mereka meliputkan sayap-sayap mereka hingga sampai ke langit terendah, kemudian mereka ditanya oleh Allah, meskipun sebenarnya Allah Maha Menegtahui, "Apa yang diucapkan oleh hamba-hamba-Ku?" Para malaikat tersebut menjawab, "Meerka bertasbih, bertakbir dan bertahmid kepada-Mu serta mengagungkanMu". Allah bertanya lagi, "Apakah mereka bisa melihatKu?" Para malaikat tersebut menjawab, "Demi Allah, mereka tidak bisa melihatMu". Allah bertanya lagi, "Bagaimana seandainya mereka bisa melihatKU?" Para malaikat menjawab, "Seandainya mereka bisa melihatMu tentu meerka akan beribadah kepadaMu, akan mengagungkanMu, bertahmid dan bertasbih kepadaMu lebih banyak lagi". Allah bertanya lagi, "Apa yang mereka minta dari Aku?" para malaikat tersebut menjawab, "Mereka minta surga dariMu". Allah bertanya lagi, "Apakah meerka pernah melihat surga?" Para malaikat tersebut menjawab, "Demi Allah, mereka tidak pernah melihat surga". Allah bertanya lagi, "Bagaimana seandainya meerka pernah melihat surga?" Para malaikat tersebut menjawab, "Seandainya mereka pernah melihat surga niscaya mereka akan semakin menginginkannya, memintanya dan mengharapkannya". Allah bertanya lagi, "Mereka minta dihindarkan dari apa?" Para malaikat tersebut menjawab: "Dari neraka". Allah bertanya lagi, "Apakah mereka pernah melihat neraka?" para malaikat tersebut menjawab, "Demi Allah, ya Tuhan, mereka tidak pernah melihat neraka". Allah bertanya lagi, "Bagaimana seandainya mereka pernah melihat neraka?" para malaikat tersebut menjawab, "Seandainya mereka pernah melihat neraka niscaya mereka akan semakin menghindarinya dan semakin takut kepadanya". Kemudian Allah berfirman kepada para malaikat tersebut, "Aku persaksikan kepada kalian bahwa Aku telah mengampuni dosa-dosa mereka". Salah satu malaikat berkata, "Tetapi ada seorang yang sebenarnya tidak termasuk dalam kelompok mereka, karena ia datang ke majelis zikir itu hanya untuk keperluan tertentu?" Allah berfirman, "Mereka semuanya satu kelompok dan siapapun yang datang untuk berkumpul di majelis zikir itu tidak akan celaka"".