Kitab Sujud

BAB 1: BERSUJUD KETIKA TERJADI MEMBACA/MENDENGAR AYAT-AYAT SAJDAH



569[Bukhari 1067] Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra, dia berkata: Suatu ketika Nabi Saw membaca surah An-Najm di Mekah, kemudian beliau bersujud ketika sampai pada bacaan ayat Sajdah dengan diikuti oleh orang-orang yang bersama beliau ketika itu, kecuali seorang laki-laki tua (yang tidak turut bersujud) yang mengambil segegam kerikil atau tanah, kemudian dia angkat untuk disentuhkannya pada dahi/keningnya seraya berkata: "Saya cukup melaksanakan seperti ini saja". Di kemudian hari saya melihat laki-laki tua itu terbunuh dalam keadaan kafir.





BAB 2: SUJUD PADA BACAAN SURAH SHAAD



570[Bukhari 1069] Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas ra, dia berkata: Sujud ketika membaca/mendengar surah Shaad adalah tidak wajib, namun saya pernah melihat Nabi Saw bersujud ketika beliau pada bacaan ayat Sajdah dalam surah Shaad.





BAB 3: SUJUD ORANG-ORANG ISLAM BERSAMA ORANG-ORANG MUSYRIK. ORANG-ORANG MUSYRIK ITU NAJIS/KOTOR KARENA TIDAK BERWUDU.



571[Bukhari 1071] Hadis yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra di depan, menyebutkan: Nabi Saw bersujud ketika sampai pada bacaan ayat Sajdah pada surah An-Najm. Pada riwayat ini ada tambahan: Sujud Nabi Saw tersebut diikuti pula oleh orang-orang muslim, orang-orang musyrik, jin dan manusia.





BAB 4: MEMBACA (MENDENGAR) AYAT SAJDAH TANPA BERSUJUD.



572[Bukhari 1073] Diriwayatkan dari Zaid bin Tsabit ra bahwa dia pernah membaca surah An Najm di hadapan Rasulullah Saw namun beliau tidak bersujud.





BAB 5: SUJUD KETIKA ADA BACAAN AYAT SAJDAH PADA SURAH IDZAASSAMAAUN SYAQQAT.



573[Bukhari 1074] Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa dia pernah membaca surah Idzaassamaaun syaqqat kemudian dia bersujud ketika sampai pada ayat Sajdah, lalu dia ditanya mengenai hal itu, kemudian dia menjawab: Kalau saya tidak pernah melihat Nabi Saw bersujud (dalam bacaan ini) tentu saya tidak akan bersujud.





BAB 6: TIDAK MENEMUKAN TEMPAT UNTUK BERSUJUD KARENA PENUH SESAK.



574[Bukhari 1079] Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra, dia berkata: Suatu ketika Nabi membacakan kepada kami surah yang berisi ayat Sajdah, lalu beliau bersujud dan kami pun turut bersujud, sehingga sebagian kami tidak menemukan tempat untuk bersujud karena banyaknya orang-orang yang bersujud.